Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Discussion Text dan Contohnya



Hasil gambar untuk discussion text
Dalam kamus Meriam Webster dijelaskan bahwa pengertian discussion memiliki dua makna. Pertama, the act of talking something with another person or a group: a conversation about something (tindakan berbicara tentang suatu hal kepada orang lain atau sekumpulan orang). Kedua, a speech or piece of writing that gives information, ideas, opinions, etc. sebuah tulisan atau ucapan yang memberikan pendapat, ide, infomasi dll.

Dari beberapa pengertian di atas, makna yang lebih tepat adalah pengertian yang ke dua yang cocok dengan discussion text. Jika disimpulkan bahwa discussion text merupakan teks yang terucap maupun tertulis yang di dalam nya terdapat beberapa informasi, ide, maupun pendapat tentang sesuatu hal.
Berikut ini fungsi dari discussion text

1.      Communicative purpose
Teks ini digunakan untuk mengemas sebuah informasi yang berupa tanggapan, wawasan, atau gagasan dalam rangka menanggapi sesuatu fenomena.

2.      Generic Structure
Dalam penyusunan discussion text ada beberapa yang harus di lakukan yaitu dengan memberikan sebuah issue (masalah), arguments (argument), dalam pembuatan argument ini terdapat dua bagian penting yang harus ditentukan yaitu: supporting points dan contrasting points. Anda juga harus memberikan conclusion (kesimpulan).

1. Issue
Issue (masalah) merupakan hal yang didiskusikan dalam discussion text. Jikalau ingin menulis sebuah discussion text (teks diskusi) anda harus memilih sebuah topik yang terkait dengan masalah-masalah yang kontroversial. Sehingga anda akan termotivasi untuk memberikan argumen-argumen terkait dengan masalah tersebut. Seperti contohnya anda membahas tentang siswa SMA/SMK harus membawa kendaraan bermotor ke sekolah (Students of Senior High School should bring their own motorbike to school).

2. Arguments
           Supporting points (pendapat yang mendukung)
Supporting points merupakan penjabaran dari penjelasan-penjelasan masalah yang sedang kita bahas. Jika dalam sebuah isu berisikan masalah seperti contoh di atas, maka anda harus menjelaskan alasan-alasan kenapa siswa SMA dilarang menggunakan kendaraan sendiri ke sekolah.

           Contrasting Points (Pendapat Yang Bertentangan)
Pada contrasting points ini, alangkah baiknya klita memberikan pendapat yang berbeda dengan supporting points. Misalnya, jika siswa membawa kendaraan sendiri ke sekolah akan memberikan dampak buruk maka kita juga harus memberikan ide yang bertentangan dengan dampak buruk tersebut. Seperti contoh, dengan mengendarai kendaraan sendiri/sepeda motor maka siswa akan datang ke sekolah lebih cepat.

3. Recomemdation/Conclusion (Saran/Kesimpulan)
Pada bagian ini, kita harus bisa memberikan sebuah pernyataan dari beberapa argumen-argumen yang telah diberikan. Seperti contohnya kita memberikan suatu solusi sebagai jalan tengah terhadap pemecahan masalah yang sedang dihadapi. Seperti contoh, siswa diperbolehkan mengendarai sepeda motor ke sekolah jikalau ada surat ijin dari ke dua orang tua, skolah dan dari pihak kepolisian.


3.      Grammatical Feature:
Untuk grammatical feature, teks diskusi menggunakan simple presents tens. Di bawah ini penulis akan memberikan sebuah contoh dari diskusi text:


Do we still need zoos?

Zoos were originally set up so that people could see and learn about wild animals from distant lands. As more and more people became city-dwellers, never seeing animals in the wild, zoos began to house local creatures too. However, in today’s world, are zoos really necessary?

Argument
Since people can now see any sort of wild animal in its natural habitat, simply by tuning intoa TV programed or buying a video, some animal rights activists claim that zoos are out of date. They argue that it is cruel to capture animals, transport them long distances, and then keep them caged up simply for the entertainment of human beings. Captive animals often develop ‘zoochosis’ – abnormal behavior like rocking or swaying – which indicates they are bored and unhappy in their prison-like conditions.

Argument
On the other hand, there is a huge difference between watching an animal on screen and seeing it in real life. It could be argued that visiting a zoo is educational, often increasing people’s concern for wildlife and conservation, which is of great importance in today's developing – and often overdeveloped –world. Indeed, sometimes the only way to save an endangered species may be to arrange for it to be breed in captivity. Behind the scenes, zoos also provide scientists with opportunities to research into animal behavior: modern zoos can therefore be much better planned than old-fashioned ones, providing animals with carefully designed enclosures appropriate to their needs.

It seems then, that there are still arguments for retaining zoos. These should, however, be carefully planned with the animals’ welfare in mind: in the modern world, there is no excuse for keeping animals in cramped or cruel conditions.

Reference:
 



toteachenglish.com
toteachenglish.com I am an English teacher graduated from English and Foreign Languages University, Hyderabad, India, Master of Arts, Teaching English as Second Language Certified.