Discussion Text dan Contohnya
Dari
beberapa pengertian di atas, makna yang lebih tepat adalah pengertian yang ke
dua yang cocok dengan discussion text. Jika
disimpulkan bahwa discussion text merupakan
teks yang terucap maupun tertulis yang di dalam nya terdapat beberapa
informasi, ide, maupun pendapat tentang sesuatu hal.
Berikut
ini fungsi dari discussion text
1.
Communicative
purpose
Teks
ini digunakan untuk mengemas sebuah informasi yang berupa tanggapan, wawasan,
atau gagasan dalam rangka menanggapi sesuatu fenomena.
2.
Generic
Structure
Dalam penyusunan discussion text ada beberapa yang harus
di lakukan yaitu dengan memberikan sebuah issue
(masalah), arguments (argument), dalam
pembuatan argument ini terdapat dua bagian penting yang harus ditentukan yaitu:
supporting points dan contrasting points. Anda juga harus
memberikan conclusion (kesimpulan).
1. Issue
Issue (masalah)
merupakan hal yang didiskusikan dalam discussion
text. Jikalau ingin menulis sebuah discussion
text (teks diskusi) anda harus memilih sebuah topik yang terkait dengan
masalah-masalah yang kontroversial. Sehingga anda akan termotivasi untuk
memberikan argumen-argumen terkait dengan masalah tersebut. Seperti contohnya
anda membahas tentang siswa SMA/SMK harus membawa kendaraan bermotor ke sekolah
(Students of Senior High School should bring
their own motorbike to school).
2. Arguments
Supporting points
(pendapat yang mendukung)
Supporting points merupakan
penjabaran dari penjelasan-penjelasan masalah yang sedang kita bahas. Jika
dalam sebuah isu berisikan masalah seperti contoh di atas, maka anda harus
menjelaskan alasan-alasan kenapa siswa SMA dilarang menggunakan kendaraan
sendiri ke sekolah.
Contrasting Points (Pendapat Yang
Bertentangan)
Pada contrasting points
ini, alangkah baiknya klita memberikan pendapat yang berbeda dengan supporting
points. Misalnya, jika siswa membawa kendaraan sendiri ke sekolah akan
memberikan dampak buruk maka kita juga harus memberikan ide yang bertentangan
dengan dampak buruk tersebut. Seperti contoh, dengan mengendarai kendaraan
sendiri/sepeda motor maka siswa akan datang ke sekolah lebih cepat.
3. Recomemdation/Conclusion
(Saran/Kesimpulan)
Pada bagian ini, kita
harus bisa memberikan sebuah pernyataan dari beberapa argumen-argumen yang
telah diberikan. Seperti contohnya kita memberikan suatu solusi sebagai jalan
tengah terhadap pemecahan masalah yang sedang dihadapi. Seperti contoh, siswa
diperbolehkan mengendarai sepeda motor ke sekolah jikalau ada surat ijin dari
ke dua orang tua, skolah dan dari pihak kepolisian.
3. Grammatical
Feature:
Untuk grammatical
feature, teks diskusi menggunakan simple
presents tens. Di bawah ini penulis
akan memberikan sebuah contoh dari diskusi text:
Do we still need zoos?
Zoos
were originally set up so that people could see and learn about wild animals
from distant lands. As more and more people became city-dwellers, never seeing
animals in the wild, zoos began to house local creatures too. However, in
today’s world, are zoos really necessary?
Argument
Since
people can now see any sort of wild animal in its natural habitat, simply by tuning
intoa TV programed or buying a video, some animal rights activists claim that
zoos are out of date. They argue that it is cruel to capture animals, transport
them long distances, and then keep them caged up simply for the entertainment
of human beings. Captive animals often develop ‘zoochosis’ – abnormal behavior
like rocking or swaying – which indicates they are bored and unhappy in their
prison-like conditions.
Argument
On
the other hand, there is a huge difference between watching an animal on screen
and seeing it in real life. It could be argued that visiting a zoo is educational,
often increasing people’s concern for wildlife and conservation, which is of
great importance in today's developing – and often overdeveloped –world.
Indeed, sometimes the only way to save an endangered species may be to arrange
for it to be breed in captivity. Behind the scenes, zoos also provide scientists
with opportunities to research into animal behavior: modern zoos can therefore
be much better planned than old-fashioned ones, providing animals with carefully
designed enclosures appropriate to their needs.
It
seems then, that there are still arguments for retaining zoos. These should,
however, be carefully planned with the animals’ welfare in mind: in the modern
world, there is no excuse for keeping animals in cramped or cruel conditions.
Reference: