Trik jitu agar siswa aktif berbicara Bahasa inggris di kelas
Hello teman-teman bagaimana kabar teman-teman semua? Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi trik jitu agar siswa aktif berbicaraBahasa inggris di kelas.
![]() |
| gambar speaking english |
Perlu kita ketahui bahwa setiap siswa mempunyai kemampuan yang
berbeda beda dan gaya belajar yang berbeda pula. Namun hal itu dapat mendorong
seorang guru untuk lebih kreatif lagi dalam mengajar atau bisa dibilang sebuah
tantangan untuk seorang guru. Contoh saja dalam pembelajaran Bahasa Inggris,
banyak siswa yang malu-malu untuk berpartisipasi dan berbicara dengan Bahasa
Inggris di kelas. Hal tersebut bisa jadi sedikitnya kosa kata seorang murid,
rendahnya motivasi siswa untuk belajar dan lain-lain. Tapi tidaklah mengapa.
Untuk menanggulanginya, ada beberapa trik jitu sebagai
berikut. Beberapa game bisa diterapkan:
1.
Character
Trait Roulette
Game ini cocok untuk level upper intermediate
(kelas 11-12 SMA). Tapi perlu menyesuaikan dengan kemampuan murid.
Game ini sangat cocok untuk murid-murid yang
sudah saling kenal. Buatlah group sejumlah murid yang ada di kelas, missal jika
ada 30 murid maka bisa dibuat menjadi 6 group yang terdiri dari 5 murid. Siapkanlah
kata-kata yang berkaitan dengan karakter sebanyak 30 kata, missal rajin,
simpati, ramah, penolong dll (ingat harus Bahasa inggris). Tulis kata-kata
tersebut di kertas yang terpotong-potong sebesar ukuran font nya. Simpan kata-kata
tersebut di dalam tas atau kantong plastic juga bisa (plastic hitam). Kemudian,
masing-masing murid di setiap kelompok mengambil kata-kata tersebut satu persatu
dan secara bergiliran.
-
Setelah mengambil kata yang ada di dalam plastic,
murid berdiri di tempat dan menjelaskan alasannya mengapa mengambil kata
tersebut. Jadi tugas murid adalah menjelaskan apa maksud kata tersebut. Untuk memudahkan
si murid, berikan beberapa scaffolding (bantuan) berupa pertanyaan berikut:
1.
What is
your word?
2.
What is
the meaning of your word?
3.
Why do
you choose that word?
4.
How is
that character important for human?
-
Murid yang lainnya (dalam group yang sama) boleh
membantu siswa tersebut.
-
Ijinkan murid untuk mencari sumber bacaan tentang
kata tersebut agar murid ada bahan yang akan dibicarakan. Bisa menggunakan
handphone untuk mengakses internet, atau laptop.
-
Selama murid berbicara, biarkan dia berbicara
sebisa dia.
-
Setelah si murid berbicara, berikan feedback
kepadanya. Feedback berupa cara pengucapan (pronunciation). Untuk grammar saya
sarankan optional, boleh diberikan boleh tidak.
2.
Find your
partner
Siapkan kertas kecil untuk setiap siswa. Biar lebih mudah, potong kertas
HVS menjadi 4 bagian. Setiap kertas harus tertulis sebuah kata yang berkaitan
dengan kata lain yang ada pada kertas lainnya. Contoh, fork and spoon, day and night, bat and ball. Lipat kertas-kertas
tersebut dan masukan ke dalam sebuah topi.
Setiap
orang kemudian menarik satu kertas. Pada
kata-kata Anda, siswa harus beredar dan berbicara dengan satu sama lain berusaha
mencari pasangan mereka. Setelah dua orang berpikir mereka cocok, mereka datang
kepada Anda untuk melihat apakah mereka benar. Jika mereka
benar , mereka duduk. Bermain sampai
semua orang telah menemukan pasangan mereka. Setelah menemukan
pasangannya, minta mereka untuk menemukan kata-kata berupa pasangan yang
lainnya.
