Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik jitu agar siswa aktif berbicara Bahasa inggris di kelas

Hello teman-teman bagaimana kabar teman-teman semua? Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi trik jitu agar siswa aktif berbicaraBahasa inggris di kelas.

gambar speaking english

Perlu kita ketahui bahwa setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda beda dan gaya belajar yang berbeda pula. Namun hal itu dapat mendorong seorang guru untuk lebih kreatif lagi dalam mengajar atau bisa dibilang sebuah tantangan untuk seorang guru. Contoh saja dalam pembelajaran Bahasa Inggris, banyak siswa yang malu-malu untuk berpartisipasi dan berbicara dengan Bahasa Inggris di kelas. Hal tersebut bisa jadi sedikitnya kosa kata seorang murid, rendahnya motivasi siswa untuk belajar dan lain-lain. Tapi tidaklah mengapa.
Untuk menanggulanginya, ada beberapa trik jitu sebagai berikut. Beberapa game bisa diterapkan:
1.      Character Trait Roulette
Game ini cocok untuk level upper intermediate (kelas 11-12 SMA). Tapi perlu menyesuaikan dengan kemampuan murid.
Game ini sangat cocok untuk murid-murid yang sudah saling kenal. Buatlah group sejumlah murid yang ada di kelas, missal jika ada 30 murid maka bisa dibuat menjadi 6 group yang terdiri dari 5 murid. Siapkanlah kata-kata yang berkaitan dengan karakter sebanyak 30 kata, missal rajin, simpati, ramah, penolong dll (ingat harus Bahasa inggris). Tulis kata-kata tersebut di kertas yang terpotong-potong sebesar ukuran font nya. Simpan kata-kata tersebut di dalam tas atau kantong plastic juga bisa (plastic hitam). Kemudian, masing-masing murid di setiap kelompok mengambil kata-kata tersebut satu persatu dan secara bergiliran.

-          Setelah mengambil kata yang ada di dalam plastic, murid berdiri di tempat dan menjelaskan alasannya mengapa mengambil kata tersebut. Jadi tugas murid adalah menjelaskan apa maksud kata tersebut. Untuk memudahkan si murid, berikan beberapa scaffolding (bantuan) berupa pertanyaan berikut:

1.      What is your word?
2.      What is the meaning of your word?
3.      Why do you choose that word?
4.      How is that character important for human?

-          Murid yang lainnya (dalam group yang sama) boleh membantu siswa tersebut.
-          Ijinkan murid untuk mencari sumber bacaan tentang kata tersebut agar murid ada bahan yang akan dibicarakan. Bisa menggunakan handphone untuk mengakses internet, atau laptop.
-          Selama murid berbicara, biarkan dia berbicara sebisa dia.
-          Setelah si murid berbicara, berikan feedback kepadanya. Feedback berupa cara pengucapan (pronunciation). Untuk grammar saya sarankan optional, boleh diberikan boleh tidak.

2.      Find your partner
Siapkan kertas kecil untuk setiap siswa. Biar lebih mudah, potong kertas HVS menjadi 4 bagian. Setiap kertas harus tertulis sebuah kata yang berkaitan dengan kata lain yang ada pada kertas lainnya. Contoh, fork and spoon, day and night, bat and ball. Lipat kertas-kertas tersebut dan masukan ke dalam sebuah topi.
Setiap orang kemudian menarik satu  kertas. Pada kata-kata Anda, siswa harus beredar dan berbicara dengan satu sama lain berusaha mencari pasangan mereka. Setelah dua orang berpikir mereka cocok, mereka datang kepada Anda untuk melihat apakah mereka benar. Jika mereka benar , mereka duduk. Bermain sampai semua orang telah menemukan pasangan mereka. Setelah menemukan pasangannya, minta mereka untuk menemukan kata-kata berupa pasangan yang lainnya.



toteachenglish.com
toteachenglish.com I am an English teacher graduated from English and Foreign Languages University, Hyderabad, India, Master of Arts, Teaching English as Second Language Certified.