Tips menulis memo dan laporan dengan bahasa inggris
Menulis memo
dan laporan dangan Bahasa Inggris yang baik dan benar
Memo dan laporan sering kita gunakan di dunia kerja, terutama
yang kerja di kantoran. Jadi ada baiknya kita menuliskan memo dan laporan
dengan baik dan benar, singkat, jelas di setiap bagian yang ditulis. Seperti, summary, body, dan conclusion. Berikut tips-tips
nya yang saya kutip dari buku yang berjudul “HBR Guide to Better Bisnis Writing”
yang ditulis oleh Bryan A.Gagner. Terbitan Harvard Business Review Press.
1.
Buat judulnya yang singkat dan jelas
Pada saat menuliskan subject memo ataupun judul laporan, buat
judulnya yang sangat jelas dan singkat lihat contoh di table berikut:
|
Tidak seperti ini
|
Tapi harus seperti ini
|
|
Subject :
Siegelson
|
Subject :
Approval of Siegelson Acquisition
|
|
Subject: Settlement
|
Subject :
Why We Should Reject Frost’s Settlement Offer
|
|
Subject :
Print Run
|
Subject :
Ginsburg Autobiography Print Run
|
Kalau kita lihat contoh di atas, kita bisa mengetahui yang di
sebelah kiri terlihat ringkas tapi saying contoh yang demikian tidak bisa memberikan
informasi yang jelas kepada pembaca memo nya. Sedangkan yang di sebelah kanan,
terlihat lebih jelas tanpa terlihat banyak kata.
Perlu diketahui bahwa isu yang kita tuliskan
tidak boleh lebih dari tiga poin penting. Masing masing isu kalian harus; (1)
buat pembaca paham dengan isu (pesan) yang
anda sampaikan, (2) solusi dari anda, (3) alasan solusi nya. Lihat contoh di
bawah:
Issue:
Arnold Paper Supply has consistently failed
to meet our deadline for delivery of multicolour, printed, cardstock.
Proposed solution:
Switch to National Paper and Plastics
Company, which has a higher fixed fee.
Reason:
Though National Paper and Plastics Company
has a higher rate per delivery, its turnaround is quicker. This will increase
efficiency in the warehouse, allow us to fill more orders, and help us to
establish goodwill with retailers with have been angry with us for not meeting
their deadlines.
Dengan contoh di atas, anda memudahkan
pembaca untuk melihat orientasi (tujuan) pesan anda dengan cepat. Penulis merekomendasikan
kepada anda, saat menulis anda harus
- Menyatakan isu (masalah, pesan) dan menawarkan
solusi yang ringkas pada kesimpulan
Saat menulis laporan
anda harus:
1.
Anda paham dengan apa yang anda tulis dan yang anda
laporkan
2.
Lakukan yang terbaik, perluas pengetahuan anda
(background knowledge) dan penelitian anda untuk menuliskan rangkuman yang
mewakili semua masalah, solusi dan mengapa solusi yang anda tawarkan akan
bekerja dengan baik dan mengapa anda memberikan alternatives demikian.
3.
Cari sumber informasi yang relevan
4.
Dari beberapa sumber, kumpulkan semua data dan
penjelasan yang anda bisa
5.
Sintesiskan pengamatan yang relevan dan
simpulkan dan buang sisanya
6.
Masukan penemuan anda ke dalam formulir laporan
7.
Revisi kesimpulannya untuk mencocokan dengan text
body nya
semoga bermanfaat..