Tips mengajar vocabulary dengan prototype theory
Hello
teman-teman, semoga dalam keadaan sehat selalu.
Pada
kesempataan kali ini saya akan berbagi bagaimana mengajar vocabulary dengan
prototype theory. Tapi sebelumnya saya akan jelaskan secara ringkas apa itu
prototype theory. Prototype theory itu adalah sebuah theory yang ditemukan oleh
Elenor Rosch dalam penelitiannya berjudul natural categories. Beliau merupakan
seorang ahli dalam bidang psikologi. Prototype theory adalah theory yang
digunakan untuk mengkategorisasikan sebuah objek atau benda. Untuk
mengkategorisasikan objek tersebut, kita dapat menggolongkanya berdasarkan
karakterisitiknya, seperti; warna, bentuk, rasa dan lain-lain. Lebih jelasnya akan saya berikan kutipan-kutipan
dari beberapa experts:
Pada
kesempataan kali ini saya akan berbagi bagaimana mengajar vocabulary dengan
prototype theory. Tapi sebelumnya saya akan jelaskan secara ringkas apa itu
prototype theory. Prototype theory itu adalah sebuah theory yang ditemukan oleh
Elenor Rosch dalam penelitiannya berjudul natural categories. Beliau merupakan
seorang ahli dalam bidang psikologi. Prototype theory adalah theory yang
digunakan untuk mengkategorisasikan sebuah objek atau benda. Untuk
mengkategorisasikan objek tersebut, kita dapat menggolongkanya berdasarkan
karakterisitiknya, seperti; warna, bentuk, rasa dan lain-lain. Lebih jelasnya akan saya berikan kutipan-kutipan
dari beberapa experts:
“As cited in Ellis and Robinson (2008:40)
Taylor says that prototype categorization now is having found applications, not
only in the study of the categories designated by linguistic expression but
also in the study of the categories of language itself. These comprise of the
lexical categories such as noun, adjective etc., clause types, syntactic
creation and even phonological categories such as the phoneme”.
“Prototype serves of usage as a
reference points the categorization of not-so clear instance (Widder: 2014: 23)”.
Nah untuk lebih jelasnya,
teman-teman dapat melihat video tutorial saya di bawah ini. video ini saya buat
untuk menyelesaikan project kuliah saya.
Untuk membuat latihanya,
teman-teman bisa mengikuti materi yang ada pada video tersebut.
References:
Ellis, C, N.,
Robinson, P. (2008). Handbook of Cognitive Linguistics and Second Language Acquisition. Routledge. New York.
Widder,
L.,Wendy. (2014). “To Teach” in Ancient Israel; a cognitive linguistic study of
a Biblical Hebrew Lexical Set. Hubert & Co. GmbH & Co.KG. Boston